Fehie Fihay Travel Rombong

Agen Tiket Pelni Balikpapan

Informasi & Pemesanan 0813 4786 9079 >>> OPEN 07:00-14:00 >>> 19:00-00:00

Pelabuhan Semayang Balikpapan

Pelabuhan Semayang Balikpapan


Pelabuhan semayang adalah pelabuhan umum untuk kedatangandan keberangkatan kapal laut di kota balikpapan. berdiri pada tahn 1970. beralamatkan di jalan . Yos Sudarso No. 30, Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kodya Balikpapan. pelabuhan semayang memiliki kelas sebagai pelabuhan kelas 25. nomor telepon yang bisa di hubungi telepon : 0541-741615, 744935, untuk nomor Faximile : 0541-74109

Sejarah Pelabuhan Semayang Balikpapan
Sebelum Perang Dunia II Pelabuhan Balikpapan dipergunakan untuk kepentingan perusahaan minyak BPM. Selama Perang Dunia II ( tahun 1942 1945 ) Pelabuhan Balikpapan dikuasai Jepang. Oleh pihak Sekutu dibombardir, sehingga instalasi minyak dan dermaga banyak yang rusak dan hancur.

Pasca Perang Dunia II ( 1945 1949 ) Kota Balikpapan masih dalam keadaan kacau. Dalam rangka mewujudkan situasi yang aman, pelabuhan sebagai pintu gerbang perekonomian untuk mendistribusikan barang kebutuhan masyarakat serta untuk menunjang keamanan supply minyak ke daerah Balikpapan dan sekitarnya, maka pengendaliannya dikuasai oleh militer.

Pada tahun 1949 Pelabuhan Balikpapan diserahkan secara resmi kepada Pemerintah Republik Indonesia. Sejak tahun 1950, Pelabuhan Balikpapan mulai dibenahi kembali termasuk pembangunan dan penambahan dermaga, sarana gudang, dan peralatan pelabuhan. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan kebutuhan sehari-hari dan makin meningkatnya pertumbuhan penduduk pada saat itu, maka dipandang perlu untuk membangun sebuah pelabuhan umum yang dapat melayani bongkar muat barang dan penumpang.


Pada sekitar tahun 1957 dibangunlah dermaga umum sepanjang 84 meter dan sebuah gudang lini I yang berdekatan dengan pelabuhan minyak pertamina. Pelabuhan Balikpapan saat itu dikelola oleh Jawatan Pelabuhan, setelah keluar Peraturan Pemerintah No. 01 tahun 1969 berubah sistem pengelolaan oleh Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) yang dipimpin oleh seorang Administrator Pelabuhan (ADPEL) kelas III.

Sejak perubahan status menjadi Badan Pengusahaan Pelabuhan setahap demi setahap mulai nampak peningkatan pendapatan yang sejalan dengan makin bertambahnya barang kebutuhan masyarakat Balikpapan baik kebutuhan primer atau kebutuhan sekunder.

Dari peningkatan pendapatan tentunya perlu diimbangi dengan penambahan sarana dan prasarana fasilitas penunjang seperti dermaga, gudang serta peralatan kantor yang memadai, dan yang tidak kalah penting perumahan para karyawan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 1983 Badan Pengusahaan Pelabuhan berubah fungsi menjadi Perusahaan Umum (Perum) yang dikepalai seorang Kepala Cabang sampai dengan tahun 1991. Selanjutnya sesuai Peraturan Pemerintah No. 59 Tahun 1991 berubah lagi menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) hingga saat ini.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pelabuhan Semayang Balikpapan"

 
Back To Top